Perkembangan Teknologi

China Awasi Bisnis Game, Tencent Hapus Platform Poker

Fintech - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
10 September 2018 18:43
China Awasi Bisnis Game, Tencent Hapus Platform Poker
Beijing, CNBC IndonesiaTencent Holdings akan menutup video game poker Texas Hold'Em, kata raksasa teknologi asal China itu kepada para penggunanya pada hari Senin (10/9/2018).

Hal tersebut merupakan langkah lebih lanjut untuk mengikuti peningkatan pengawasan pemerintah terhadap industri permainan Negara Tirai Bambu.

Tencent mengatakan pihaknya akan menutup "Everyday Texas Hold'Em" secara resmi dari hari Senin, kemudian menutup server permainan dari tanggal 25 September. Tencent akan memberi kompensasi kepada para pengguna sesuai dengan kebijakan Kementerian Kebudayaan, dilansir dari Reuters.


Perusahaan berbasis di Shenzhen, yang meraup untung besar dari game, menghadapi tantangan berat tahun ini karena peraturan ketat dan penyensoran dari pemerintah. Perusahaan itu harus menarik satu permainan blockbuster, sementara permainan lainnya disensor.

Nilai pasar perusahaan anjlok sekitar US$20 miliar (Rp 297,2 triliun) dalam sehari bulan lalu karena kekhawatiran bahwa China akan memberi batasan terhadap permainan. Hal tersebut dipicu oleh tindakan tegas yang diberlakukan terhadap permainan online atas dasar tingginya kasus rabun jauh (myopia).

Seorang Juru Bicara Tencent mengatakan rencana untuk menutup permainan itu adalah sebuah "penyesuaian bisnis", tetapi dia menolak berkomentar lebih lanjut.

Tencent membukukan penurunan laba kuartalan untuk pertama kalinya selama nyaris 13 tahun di bulan Agustus, dan menyebut masalah-masalah persetujuan permainan populer sebagai pemicunya.

Perusahaan itu didirikan pada tahun 1998 dengan video game sebagai bisnis utamanya. Namun, kini Tencent juga mengoperasikan WeChat, jejaring sosial dominan di China, yang memiliki lebih dari 1 juta pengguna.

Seseorang di divisi permainan Tencent, yang enggan menyebut namanya karena tidak berhak berbicara secara publik, mengatakan kepada Reuters bahwa tidaklah mengejutkan jika permainan catur dan kartu menjadi korban pertama. Pasalnya, mereka lebih dikaitkan dengan perjudian yang notabene ilegal di China daratan.

Texas Hold'Em adalah salah satu permainan poker yang populer, di mana banyak pemain menggunakan permainan pikiran, gertakan sambal dan prediksi perilaku lawan demi memperoleh uang taruhan. Permainan itu berasal dari Texas di awal tahun 1900-an.

Untuk diketahui, tahun lalu Tencent mengubah permainan bernuansa darah dan bergaya peperangan berjudul "Playerunknown's Battleground" karena permainan itu "sangat menyimpang dari nilai-nilai dasar sosialis".


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading