Perkembangan Teknologi

Huawei: 'Serigala' China yang Memangsa Apple dan Samsung

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
16 August 2018 14:28
SHANGHAI, CNBC Indonesia - Ren Zhengfei, pendiri Huawei, raksasa telekomunikasi China, menggambarkan perusahaan yang ia dirikan seperti "Srigala" kejam yang tanpa lelah memburu mangsanya, sebuah etos yang segera menjadikannya predator teratas di dunia smartphone.

Walaupun dilarang di pasar Amerika Serikat (AS) yang kompetitif, Huawei mampu melampaui Apple dan menjadi produsen smartphone nomor dua di dunia pada kuartal II-2018 dan siap memangsa sang pemimpin pasar, Samsung.

Kunci keberhasilan Huawei adalah fokus menggarap pasar negara-negara berkembang dengan ponsel harga menengah tetapi kompetitif dan semakin canggih dan tak ngotot masuk pasar AS, kata para analis.


"Citra Huawei dan kepopuleran merek di seluruh pasar dan wilayah semakin baik," kata Tarun Pathak dari perusahaan analisis pasar global Counterpoint.

"Mereka telah membuat perbedaan dan memposisikan produk mereka pada beberapa segmen, yang menjadikan perbincangan menarik dalam hal kompetisi dengan Apple dan Samsung."

Ren, 73 tahun, mendirikan Huawei pada 1987 dengan bermodalkan hanya ribuan dolar AS saja dan fokus pada backbone hardware untuk jaringan telekomunikasi networks, dan terus tumbuh menjadi pemimpin dunia.

Lima belas tahun setelah memperkenalkan ponsel pertamanya, Huawei mengalahkan Apple pada kuartal April-Juni untuk menempati posisi kedua secara global, International Data Corporation (IDC) mengatakan pekan lalu, pertama kalinya sejak 2010 dimana Apple tidak berada di posisi dua teratas.

(roy)
1 dari 3 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading