Fintech

Perhatian! Aturan Baru Fintech Akan Segera Terbit

Fintech - Gita Rossiana & Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
15 August 2018 17:29
Perhatian! Aturan Baru Fintech Akan Segera Terbit
Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus mengakomodir hal-hal yang dibutuhkan terkait pengembangan financial technology (fintech). Dua hal utama yang ke depan akan dilakukan OJK adalah terkait aturan inovasi keuangan digital (IKD) dan peluncuran fintech center.

IKD akan lebih mengatur pada bagaimana pengaturan ulang proses perizinan, yang secara teknis dilakukan dengan tiga tahap. Pertama adalah pencatatan ke OJK, lalu proses regulatory sandbox, terakhir proses regulatory sandbox atau mekanisme pengujian sistem.

"Nanti dari hasil regulatory sandbox ini, mereka bisa direkomendasikan untuk lanjut jadi IKD yang terdaftar dari sini mereka baru masuk ke tahap pendaftaran dan perizinan," ujar Wakli Ketua Dewan Komisioner OJK, Nurhaida, Rabu (15/8/2018).


Selain itu, OJK juga memberi fokus pada keamanan data nasabah fintech. Sehingga, tidak lagi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti praktik penagihan dengan penyalahgunaan data nasabah.

Dalam rancangan aturan terbaru, OJK mewajibkan perusahaan fintech untuk meminta izin terlebih dahulu menggunakan data nasabah.

"Jadi harus diberikan opsi persetujuan pengunaan data nasabah. Gak bisa diam-diam pakai data nasabah tanpa izin," ujar Tirta Segara Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

OJK juga akan mewajibkan pemutahiran sistem keamanan data secara berkala dan penangan pengaduan konsumen harus bisa dilakukan secara online.

"Kami akan dorong asosiasi Fintech untuk tegur anggota kalau dari sisi pengendalian kurang. Kemudian peguatan asosiasi dengan mendorong pelaporan fintech yang tidak punya itikad baik," ujarnya.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading