Perkembangan Teknologi

Usai Diaktifkan, Kominfo Terus Pantau Aplikasi Tik Tok

Fintech - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
12 July 2018 - 12:11
Usai Diaktifkan, Kominfo Terus Pantau Aplikasi Tik Tok
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hingga saat ini masih terus memonitor serta melakukan pemantauan terhadap aplikasi Tik Tok yang diaktifkan kembali pada Selasa (10/7/18).

Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan dibukanya kembali aplikasi tersebut berdasarkan dengan pemenuhan syarat yang telah dipenuhi oleh manajemen Tik Tok.

[Gambas:Video CNBC]


"Iya syarat sudah, secara regular kan dimonitor terus sama Kominfo," ujar Rudi di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (12/7/18).

Selain itu, Rudiantara mengancam akan menutup kembali aplikasi asal China tersebut apabila manajemen Tik Tok kembali melakukan pelanggaran.

"Kalau ketangkap lagi ya kami tindak lagi," tambah Rudi.

Dirinya menambahkan, diaktifkannya kembali layanan aplikasi tersebut menyusul dengan permintaan utama pemerintah untuk membersihkan konten-konten negative serta proses filtering aplikasi.

"Syaratnya kan sudah dibersihkan (konten negatif), yang kedua proses filtering sama menyediakan orang yang dedicated di Indonesia sudah dilakukan," ungkap Rudi.

Sebelumnya, manajemen Tik Tok teah memenuhi sekitar sembilan syarat yang diajukan oleh pemerintah mulai dari membersihan konten negatif di platformnya hingga meningkatkan sistem keamanan produk dan penyaringan konten menggunakan kecerdasan buatan dan moderasi.

Namun, masih ada satu syarat yang masih berada dalam proses ialah terkait posisi tombol untuk melaporkan konten negatif. Sebelumnya, tombol tersebut berada di dalam opsi untuk membagikan konten. Kemenkominfo meminta tombol tersebut dipindahkan ke halaman utama agar lebih mudah diakses.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading