Alibaba & Tencent Suntik Dana ke Raksasa Media China Ini

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
03 July 2018 17:50
Alibaba & Tencent Suntik Dana ke Raksasa Media China Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - CMC Inc, kelompok media yang didukung negara, pada Selasa (3/7/2018) mengumumkan telah berhasil mengumpulkan dana sebesar 10 miliar yuan atau US$1,49 miliar (Rp 21,46 triliun) dalam sebuah penggalangan dana satu putaran.

Dalam penggalangan dana tersebut ada raksasa teknologi China Alibaba Group Holding dan Tencent Holding Ltd. CMC Inc merupakan kerajaan media yang bisnisnya membentang dari olahraga hingga ke taman hiburan.


CMC mengatakan penggalangan dana seri A tersebut dipimpin dua perusahaan teknologi China itu bersama dengan investor baru, seperti perusahaan pengembang properti China Vanke Co Ltd. Setelah putaran pendanaan tersebut, CMC memiliki valuasi 400 miliar yuan.


CMC Capital Partners adalah bagian lain dari kelompok CMC, yang didirikan oleh tokoh media Li Ruigang. Li sering disamakan sebagai maestro media Australia, Rupert Murdoch, kepala News Corp (NWSA.O).

CMC Group merupakan pemain utama di sektor hiburan dan media China dan memiliki ambisi global yang besar. Perusahaan ini memiliki saham tim Liga Premier Inggris Manchester City dan perusahaan patungan dengan studio Hollywood Warner Brothers Entertainment.

Penggalangan dana dilakukan karena para pemimpin China berusaha untuk memperkuat kontrol mereka atas industri media dan budaya, di mana raksasa teknologi dan internet negara seperti Alibaba dan Tencent memainkan peran yang sangat besar.

"Dengan revolusi teknologi yang mendorong perubahan yang berkelanjutan dalam cara orang mengonsumsi konten, industri media dan hiburan global akan melalui putaran penyesuaian dan perubahan baru," kata Li Ruigang CMC dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading