Hati-hati! Ada Bug Facebook yang Bisa Otomatis Unblock Akun

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
03 July 2018 11:21
Hati-hati! Ada Bug Facebook yang Bisa Otomatis Unblock Akun
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah bug Facebook dapat secara mudah membuka blokir (unblock) orang-orang yang sebelumnya telah diblokir di aplikasi pengiriman pesan Messenger, membuka jalan bagi masuknya pesan-pesan yang tidak diinginkan, dan dapat menampilkan postingan yang disembunyikan (hidden post), kata perusahaan itu, Senin (2/7/2018).

Bug tersebut telah menyerang hingga 800.000 pengguna dan saat ini telah diperbaiki, kata perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu. Hal tersebut menjadi poin kesalahan privasi baru bagi perusahaan media sosial terbesar dunia yang telah diterpa berbagai skandal dalam beberapa bulan terakhir.


"Kami tahu bahwa kemampuan untuk memblokir seseorang itu penting dan kami ingin meminta maaf dan menjelaskan apa yang terjadi," kata chief privacy officer, Erin Egan, di sebuah postingan blog.

Memblokir seseorang di Facebook berarti orang tersebut tidak dapat melihat post pengguna atau memulai percakapan di Messenger.

Tetapi bug yang aktif antara 29 Mei sampai 5 Juni tersebut memungkinkan pengguna yang sebelumnya diblokir untuk melihat postingan yang dibagikan dengan pengguna yang lebih luas (seperti teman dari teman) dan untuk mengirim pesan kepada pengguna yang telah memblokirnya.

Dalam kebanyakan kasus, bug hanya membuka blokir satu orang pada daftar yang diblokir pengguna, kata Facebook dilansir dari CNBC International. Pengguna yang terkena bug akan menerima pemberitahuan dari Facebook, yang meminta mereka untuk memeriksa kembali daftar orang-orang yang diblokir.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading