Perkembangan Teknologi

YouTube Hadirkan Langganan Berbayar dan Jualan Barang

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 June 2018 - 15:09
YouTube Hadirkan Langganan Berbayar dan Jualan Barang
Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan berbagi video milik Google, YouTube, telah mengumumkan fitur baru untuk membantu para kreator konten menghasilkan uang di platform itu, di tengah kekhawatiran seputar iklan dan monetisasi.


Dalam postingan yang diunggah di blog perusahaan pada Jumat (22/6/2018), manajemen akan membiarkan pemilik saluran YouTube menawarkan "channel memberships" dengan biaya US$4,99 (Rp 71.000) per bulan untuk mengakses konten eksklusif. Fitur langganan premium sebelumnya hanya tersedia untuk beberapa pembuat konten terpilih, yang dapat "disponsori" oleh pengguna.


YouTube juga bermitra dengan perusahaan souvenir pesanan bernama Teespring untuk memungkinkan pembuat konten menjual barang dagangan mereka sendiri secara langsung melalui platform, dilansir dari CNBC International hari Jumat (22/6/2018).


Sebelumnya, pemilik kanal YouTube harus menyertakan tautan ke penyedia eksternal untuk meminta pelanggan membeli barang dagangan. YouTube mengatakan fitur ini hanya akan tersedia bagi kreator konten berbasis di AS dengan lebih dari 10.000 pelanggan/ subscriber.

Selain itu, YouTube mengumumkan fitur streaming langsung baru yang disebut "premieres", yang memungkinkan sebuah channel melakukan pra-rekam video dan mengunggahnya sebagai streaming langsung. Orang yang menonton streaming langsung dapat membayar pembuatnya agar komentar mereka diperhatikan melalui fitur yang sudah ada di platform yang disebut "obrolan super".

Langkah ini dilakukan di tengah kekhawatiran bahwa saluran YouTube mengalami "demonetized" - tanpa iklan - karena aturan konten yang lebih "ramah pengiklan" mempersulit pembuat konten untuk menghosting iklan di video mereka. Perusahaan telah mendapat tekanan atas bagaimana iklan ditempatkan pada video ekstremis, dan memperkenalkan aturan baru setelah reaksi iklan pengiklan.

Akses terbatas ke pendapatan iklan telah menyebabkan beberapa pembuat konten di layanan ini mencoba menghasilkan uang melalui perusahaan langganan, Patreon, yang memungkinkan pemirsa melakukan pembayaran sebulan sekali. Pengguna biasanya dihargai dengan tunjangan keanggotaan tergantung pada jumlah uang yang mereka bayarkan ke saluran.


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading