Internasional

"Bug" Ubah Pengaturan Privasi 14 Juta Pengguna Facebook

Fintech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
08 June 2018 11:45
Jakarta, CNBC Indonesia - Sekitar 14 juta pengguna Facebook yang mengira pesan yang mereka unggah hanya dapat dilihat oleh teman atau grup-grup mereka mungkin saja telah membagi pesan itu kepada masyarakat luas akibat adanya bug piranti lunak (software), kata perusahaan itu hari Kamis (7/6/2018).

Postingan pengguna Facebook biasanya diunggah berdasarkan pengaturan privasi (privacy setting) yang telah dibuat oleh masing-masing pengguna. Namun, satu bug yang aktif dari tanggal 18 Mei hingga 27 Mei secara otomatis mengubah pengaturan itu menjadi dapat diakses publik, CNBC International melaporkan.

Postingan-postingan tersebut secara jelas ditandai sebagai "public" namun pengguna yang telah terbiasa dengan pengaturan privasi mereka kemungkinan besar tidak akan menyadari tanda tersebut.


Perusahaan mengatakan menelusuri ulang dan mengategorikan kembali postingan-postingan yang terdampak menjadi sesuai dengan pengaturan sebelumnya dan masalah itu telah diselesaikan. Sebagai tambahan, Facebook akan mengirimkan notifikasi kepada 14 juta pengguna tersebut mulai hari Kamis.

"Mulai hari ini, kami memberitahukan semua orang yang terdampak dan meminta mereka untuk meninjau ulang kembali postingan mereka selama jangka waktu tersebut," kata chief privacy officer Facebook Erin Egan dalam sebuah pernyataan.

"Kami meminta maaf atas kesalahan ini," kata Egan.

Kejadian ini adalah kesalahan Facebook lainnya terkait data pribadi pengguna di mana sebelumnya platform media sosial terbesar di dunia itu mengalami kebocoran data hingga 87 juta pengguna. (roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading