Startup

Pernah Diblokir, Uber Kembali Ekspansi Ke Jepang

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 May 2018 12:28
Pernah Diblokir, Uber Kembali Ekspansi Ke Jepang
Jakarta, CNBC Indonesia - Uber Technologies akan melakukan uji coba layanan transportasi online di Jepang yang menghubungkan penumpang dengan penyedia taksi. Sebelumnya, Aplikasi Uber di blokir karena berusaha mendirikan armada sendiri.

Dalam beberapa bulan mendatang, Uber berencana menyediakan aplikasi transportasi online ke wilayah Awaji, sebuah pulau dengan populasi sekitar 150.000 penduduk yang terletak di dekat Osaka. Proyek percobaan ini akan dilakukan hingga Maret 2019.

"Saat ini kami sedang berkonsentrasi pada kemitraan dengan perusahaan taksi di negara ini," kata juru bicara Uber Jepang, Kay Hattori, pada hari Selasa (23/5/2018) seperti dikutip dari Reuters. "Kami ingin memperluas ini secara nasional."


Uber tidak dapat membawa layanan transportasi online secara penuh ke Jepang karena peraturan lokal melarang pengemudi yang tidak profesional mengangkut pelanggan, tetapi UberEats telah mengoperasikan layanan pengiriman bawa pulang (takeaway) UberEats di empat kota Jepang, termasuk Tokyo dan Osaka.

Aplikasi mobile-nya dapat digunakan di Tokyo untuk menghubungkan pengguna dengan layanan mobil, sementara Uber juga melakukan dua layanan percontohan mengemudi untuk orang-orang tua di kota-kota pedesaan di Jepang karena populasi yang menua di negara itu menjadikannya prospek yang menarik bagi perusahaan yang naik pesawat.

Awal tahun ini, CEO Uber Dara Khosrowshahi mengatakan kepada investor bahwa Uber harus mengubah cara melakukan bisnis di Jepang, menambahkan bahwa itu akan fokus pada kemitraan dengan perusahaan taksi.

Di tengah peningkatan global layanan naik-naik dan layanan taksi generasi berikutnya, semakin banyak perusahaan yang berebut pangsa dari industri taksi Jepang senilai US$ 16 miliar.

Didi Chuxing dan SoftBank Group Corp dari China telah mengumumkan rencana meluncurkan usaha di Jepang untuk menyediakan layanan transportasi online. Toyota dan Sony Corp secara terpisah bermitra dengan perusahaan taksi lokal untuk mengembangkan layanan yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi penggunaan dan permintaan.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading