Startup

Alibaba Akuisisi Produsen chip Cina untuk Kembangkan IoT

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
21 April 2018 18:18
Alibaba Akuisisi Produsen chip Cina untuk Kembangkan IoT
Jakarta, CNBC Indonesia - E-commerce titan, Alibaba Group Holding Ltd telah membeli perusahaan pembuat micro chip China untuk mengembangkan bisnis "internet of things" (IoT) berbasis cloud, menegaskan komitmennya terhadap industri chip, kata seorang juru bicara Alibaba pada hari Jumat (20/4/2018).
 
"Alibaba bertujuan untuk memberdayakan berbagai industri melalui solusi IoT berbasis cloud kami, di mana chip memainkan peran penting." kata juru bicara itu dalam sebuah pernyataan.

Pengumuman itu muncul beberapa hari setelah Amerika Serikat melarang perusahaan Amerika menjual chip dan komponen lain kepada perusahaan telekomunikasi China, ZTE Corp, selama tujuh tahun, sebuah langkah untuk menghidupkan kembali diskusi di China tentang perlunya rantai pasokan teknologi swasembada.
 
Pejabat senior China minggu ini mengadakan pertemuan dengan badan-badan industri, regulator dan penyedia modal yang besar untuk pengembangan chip di China, membahas tentang mempercepat rencana pengerjaan sektor ini, mengutip dua orang sumber yang diwawancarai oleh Reuters.
 
"Akuisisi terhadap Hangzhou C-SKY Microsystems, perusahaan pemasok inti CPU tertanam utama China, menggarisbawahi komitmen kami untuk mendorong pengembangan industri chip," katanya, mengacu pada unit pengolah pusat.
 
Alibaba tidak mengungkapkan ketentuan akuisisi, yang merupakan akuisisi pertama Alibaba dalam bisnis pembuatan chip.
 
Alibaba sebelumnya telah berinvestasi di Hangzhou C-SKY Microsystems dan sekarang membeli sahamnya hingga 100%, dilansir dari CNBC International.
 
Namun, sumber tersebut tidak tahu apakah akuisisi itu ada kaitannya dengan perang dagang antara Cina dan Amerika Serikat saat ini, dimana kedua negara saling balas menerapkan tarif tinggi.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading