Perkembangan Teknologi

Teknologi 5G Akan Hadir di RI, Uji Coba Pada Asean Games

Fintech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 April 2018 - 13:47
Teknologi 5G Akan Hadir di RI, Uji Coba Pada Asean Games
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah inovasi terbaru akan hadir menggantikan jaringan 4G yakni 5G. Disinyalir, 5G merupakan salah satu teknologi dunia terbaru dengan sistem nirkabel untuk generasi masa depan.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail TM mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi saksi lahirnya evolusi baru dari jaringan 4G menjadi 5G. Bahkan frekuensinya pun sudah mulai dipersiapkan sejak saat ini.

"5G sedang dalam masa evolusi dan di Indonesia akan masuk 5G setelah kita menganggap teknologinya cukup mature. Sekarang kami lagi mempersiapkan frekuensi yang dibutuhkan 5G dan saya rasa ini aplikasi pertama yang digunakan untuk industri 4.0," ujar Ismail dalam acara Pelucuncuran Perangkat Lunak 5G dari Ericcson di kawasan Jakarta Selatan, Selasa, 17 April 2018.

Dia menambahkan bahwa 5G merupakan teknologi generasi kelima dari jaringan seluler dan akan digunakan oleh ponsel dan tablet masa depan yang dipakai sebagai data. Pada bulan Agustus ini, rencanannya 5G akan segera di uji coba untuk gelaran Asian Games 2018.


Untuk shiftingnya, Ismail mengaku ini akan berjalan evolusioner dan akan hadir bertahap di beberapa kota di Indonesia. Diperkirakan Indonesia akan dimulai pada tahun 2019 di dahului pada negara maju seperti Jepang dan Korea.

"Sebagai gambaran saja kita akan komersilkan 5G itu mulai di 2019. Itu negara-negara maju seperti Jepang, Korea, dan lain akan lebih dahulu. Tentu kita akan susul tidak jauh-jauh dari waktu itu," kata dia.

Sementara ketika ditanya kesiapan, dia mengaku tergantung industri dan operator. Baginya yang terpenting hadirnya 5G dapat mendorong untuk meningkatkan peluang pendapatan dan juga mengurangi biaya operasional dalam making Indonesia 4.0. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading