Ekonomi Digital

Tahun 2020, Pendapatan Ekonomi Digital Capai Rp 53,4 Triliun

Fintech - Shuliya Ratanavara, CNBC Indonesia
01 February 2018 10:25
Tahun 2020, Pendapatan Ekonomi Digital Capai Rp 53,4 Triliun
Jakarta, CNBC Indonesia - Peran ekonomi digital pada pertumbuhan ekonomi dunia akan semakin sgnifikan. Hasil riset Information systems Security Partners memperkirakan potensi pendapatan global dari ekonomi digital mencapai US$4 miliar atau Rp 53,4 triliun sampai 2020.

Hasil riset tersebut juga mengatakan pada 2020 akan 25 juta aplikasi yang dikembangkan dan 25 miliar sistem intelijen dan sistem embedded, serta penggunaan data internet hingga 50 triliun giga bite. Potensi ini tentu juga mencakup di Indonesia. Berdasarkan survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia (APJII) menunjukan penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta atau 51,8% per 2017. 

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Pemerintah Indonesia dan Australia menjalin kerja sama dalam hal peningkatan pemanfaatan teknologi di bidang keamanan siber, smart goverment, perusahaan perintis, layanan kesehatan digital, dan industri kreatif melalui Indonesia-Australia Digital Forum pada 31 Januari - 1 Februari 2018.

"Kerjasama dapat dilakukan dalam capacity building sumber daya manusia, kampanye kesadaran bertransaksi elektronik, literasi digital dan lain sebagainya. Saya berharap forum ini mampu meningkatkan kerjasama bilateral Indonesia-Australia," kata Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika Mariam F. Barata seperti dilansir dari rilis resmi yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (1/2/2018). 


Sebelumnya, dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri, pemerintah telah mengeluarkan Kebijakan ekonomi jilid 14 pada Bulan November 2016 yang bertujuan untuk membangun ekosistem perdagangan secara elektronik serta mendorong perluasan dan efisiensi bisnis perdagangan secara elektronik yang dituangkan dalam Peta Jalan (Roadmap) industri e-commerce. 
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading