E-commerce

Amazon Ancam Monopoli Iklan Google

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
23 January 2018 17:32
Amazon Ancam Monopoli Iklan Google
  • CEO WPP, perusahaan iklan terbesar dunia, menjelaskan alasannya melihat prospek pertumbuhan bisnis iklan Amazon
  • CEO WPP mengatakan menghabiskan dana iklan sekitar $5 miliar (Rp 66,6 triliun) untuk Google, sekitar $2 miliar untuk Facebook, dan $200 juta untuk Amazon tahun lalu

Jakarta, CNBC Indonesia - Keberadaan perusahaan e-commerce Amerika Serikat (AS) Amazon mulai mengancam dominasi Google dan Facebook dalam ruang iklan digital, ujar CEO WWP (Wire and Plastic Products) Martin Sorrell kepada CNBC di Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) di Davos hari Selasa (23/1/2018).

WWP adalah perusahaan periklanan terbesar di dunia.

Dilansir dari CNBC International, Sorrell menjelaskan alasannya melihat potensi pertumbuhan bisnis iklan Amazon yang merupakan raksasa e-commerce AS.


“Amazon mengancam Google melalui dua cara. Pertama, dari segi pencarian – 55% pencarian produk di AS muncul dari Amazon. Hal tersebut menjadi pertanyaan besar bagi Google,” ujar Sorrell.

Namun, pangsa pasar Amazon masih belum mendekati duopoli Facebook dan Google. Dua raksasa media dan teknologi itu menguasai sekitar 75% ruang iklan digital, ujar Sorrell.


“Google meraup sekitar $100 miliar (Rp 1,3 kuadriliun) dari iklan, Facebook sekitar $40 miliar. Amazon meraup sedikit sekali, yaitu sekitar $2 miliar, tapi tumbuh cukup cepat,” tambahnya.

Konglomerat periklanan itu mengatakan telah menghabiskan dana sekitar $5 miliar dengan Google untuk beriklan atas nama klien WWP, sekitar $2 miliar dengan Facebook, dan $200 juta dengan Amazon tahun lalu.

“Tahun ini kami akan menambahkan sampai sekitar $300 juta [untuk Amazon],” ujar Sorrell, “Jadi, [pangsa pasar iklan Amazon] bertumbuh, namun nilainya masih kecil”. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading