E-Commerce

Pemerintah Rampungkan Data 7 Sektor E-Commerce Bulan Depan

Fintech - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
15 January 2018 - 20:14
Pemerintah Rampungkan Data 7 Sektor E-Commerce Bulan Depan
Jakarta, CNBC Indonesia-Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akan segera rampungkan data perdagangan e-commerce untuk mengkategorikan sekitar tujuh e-commerce pada Februari 2018 mendatang.

Tujuh kategori e-commerce tersebut diantaranya transportasi, specialty store, market place, classified vertical, classified horizontal, travel dan daily deals.

“Kami akan coba dan fokus yang tujuh dulu ya, sementara untuk logistic dan payment kami tidak masukan dulu,” ujar Suharyanto, Ketua BPS usai menghadiri rapat koordinasi di Gedung Kementrian Perekonomian, Senin (15/1/2018).


Dengan mengkategorikan e-commerce tersebut, nantinya pemerintah akan melihat perilaku dan tren masyarakat dalam berbelanja secara e-commerce. Selain itu, dalam data e-commerce tersebut juga berguna dalam pembuatan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.



“Kami kumpulin data, nanti kami buat kebijakan macam-macam. Digital ini kan sifatnya dinamis dan cepat berubah, jadi sebisa mungkin kami cepat menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di kesempatan yang sama.

Data perdagangan e-commerce tersebut juga menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam menerapkan peraturan mengenai e-commerce yang setara dan adil bagi pelaku usaha e-commerce tersebut.

“Prinsip mengenai level of plaing field (kesetaraan) antara seluruh sektor dan pelaku akan segera dihasilkan, serta untuk formulasi treatment pajak sehingga ada keadilan dan persamaan antara seluruh sektor dan pelaku usaha,” tambah Sri Mulyani Menteri Keuangan di kesempatan yang sama.
(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading