Foto Internasional

Pria Ini Koleksi Gadget Apple Kuno Terbanyak Sedunia

6 dari 8
Stop Slideshow

Kolektor komputer Apple Austria Roland Borsky memasang layar iMac di kantornya di Wina, Austria. (Reuters/Leonhard Foeger)

Stop Slideshow

Roland Borsky seorang ahli reparasi komputer Austria ini mengumpulkan gadget Apple tua terbanyak sedunia. (Reuters/Leonhard Foeger)

Stop Slideshow

Selama bertahun-tahun sejak ia mulai bekerja untuk perusahaan yang memperbaiki Apel di Wina pada 1980-an, koleksi Roland Borsky telah berkembang menjadi sekitar 1.100 komputer, lebih dari 472 item di Apple sudah Museum Praha. Ia pun diberi gelar kolektor terbesar di dunia. (Reuters/Leonhard Foeger)

Stop Slideshow

"Sama seperti yang lain mengumpulkan mobil dan tinggal di sebuah kotak kecil untuk membelinya, begitu juga dengan saya," katanya di kantornya, yang penuh sesak dengan barang-barang berdebu seperti dinding penuh monitor tua. (Reuters/Leonhard Foeger)

Stop Slideshow

Ironisnya, kesuksesan Apple telah membuat hidup Borsky susah hingga dia memutuskan untuk menutup bisnisnya. Apple membuka toko pertamanya di Wina pada Februari, mengambil alih sebagian besar perbaikan yang sebelumnya dilakukan oleh perusahaan seperti milik Borsky. (Reuters/Leonhard Foeger)

Stop Slideshow

Sekarang penghasilannya sudah menyusut. Borsky mengatakan dia tidak mampu membayar sewa di gudangnya. Dia berharap seorang dermawan akan menempatkan koleksinya di ruang yang khusus dan melunasi utangnya sebesar 20.000-30.000 euro. (Reuters/Leonhard Foeger)

Stop Slideshow

Dia telah menempatkan komputernya untuk dipamerkan sebagai bagian dari pameran sementara di Wina tetapi dia berharap koleksi tersebut akan menemukan rumah permanen. (Reuters/Leonhard Foeger)

Stop Slideshow

"Saya akan senang jika itu dipajang di mana saja ... sehingga orang bisa melihatnya," kata Borsky. (Reuters/Leonhard Foeger)